KPB (Penagihan dan Penyelesaian Klaim Kartu Perawatan Berkala)

V8 / E-Book

Share on Social Networks

Share Link

Use permanent link to share in social media

Share with a friend

Please login to send this document by email!

Embed in your website

Select page to start with

1. ONE-D KPB (Penagihan dan Penyelesaian Klaim Kartu Perawatan Berkala) Buku Panduan motopod 2016

6. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 6 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 6 of 18 Document Version 2 .0 Printed Untuk membuat Product Paket baru, User bisa mengakses menu Master Product di Master>Products>Products. Bedanya dengan pendaftaran produk biasa terletak pada Checklist Box Bundle Bengkel pada tab detail Information, Pemilihan Produk-produk yang akan dipaketkan pada tab detail Bundle, dan pemilihan categori Bundling pada tab detail Accounting, yang ditunjukan pada gambar dibawah ini. 1.1. Discount Bundling Harga Sparepart (Oli) pada KPB umumnya lebih rendah daripada HET atau disebut juga dengan diskon oli KPB, maka untuk mendaftarkan diskon oli KPB tersebut, ADH dapat mengaksesnya melalui Workshop > Configuration > Discount Bundle .

18. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 18 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 18 of 18 Document Version 2 .0 Printed membutuhkan dokumen yang dipersyaratkan atau di-approve oleh Pejabat berwenang yang ditunjuk. Demikian pula apabila terjadi selisih penggantian barang ataupun Uang oleh MD akibat tolakan KPB yang diklaim oleh Perusahaan, harus diajukan penghapusan stock / AR ke bagian / pejabat berwewenang. 8. Permohonan dan Koreksi Minus Persediaan atas KPB Not OK dan Tolakan KPB MD Penghapusan Stock Oli KPB yang tidak lolos validasi ataupun ditolak oleh MD dan diputuskan tidak bisa dipulihkan, dihapus melalui Modul "Stock Adjustment" atas selisih / total Oli yang akan dihapus. Penghapusan Stock Oli KPB ini hanya bisa (boleh) dilakukan oleh Accounting HO dan membutuhkan dokumen yang dipersyaratkan atau di-approve oleh Pejabat berwenang yang ditunjuk.

4. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 4 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 4 of 18 Document Version 2 .0 Printed 2. Transaksi dan Tujuan Modul 2.1. Gambaran Umum Proses Penagihan dan Penyelesaian Klaim KPB Modul Penagihan dan Penyelesaian Klaim Kartu Perawatan Berkala (KPB) berfungsi untuk rekapitulasi Invoice yang berasal dari WO KPB ke Pelanggan menjadi satu Piutang KPB untuk ditagihkan ke Main Dealer. Penggantian dari MD yang berbeda-beda untuk Piutang KPB membutuhkan Modul khusus untuk penanganan dan penyelesaian Piutang ini. Adapun gambaran umum dari Tahapan Penagihan dan Penyelesaian Klaim Kartu Perawatan Berkala (KPB) adalah sebagai berikut: 3. Master Data untuk Penagihan dan Penyelesaian Klaim KPB 3.1. KPB Engine Type Merupakan konfigurasi untuk menentukan parameter apakah KPB masih bisa diklaim atau tidak. Parameter yang ditentukan disini adalah jumlah jarak (Km) dan jumlah hari (dari tanggal pembelian dengan tanggal service / WO). Selain itu pada KPB Engine Type juga dilakukan setting untuk kategori product (unit) yang digunakan di Klaim KPB, termasuk nilai klaim untuk Jasa, Oli dan Kompensasi Oli ke MD / Prinsipal.

16. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 16 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 16 of 18 Document Version 2 .0 Printed 6.2.1. Penggantian Barang dengan Invoice: Pembelian dan Net-Off AP ke AR KPB Jika penggantian barang dari MD menggunakan Invoice Supplier normal, maka Perusahaan mencatat penerimaan barang dari MD seperti proses Pembelian Normal, dengan pembeda di tipe PO. Hutang yang muncul kemudian di-net-off dengan AR KPB ke MD. 6.2.2. Penggantian Barang: Internal Transfer Jika penggantian barang dari MD tidak menggunakan Invoice Supplier normal, maka Perusahaan mencatat penerimaan barang dari MD sebagai Internal Transfer, dianggap penggantian barang atas Oli KPB yang telah terpakai (Mutasi Lokasi: NRFS ke RFS). Dimana proses ini dilakukan sehubungan dengan proses WO KPB (Bundling ASS 1) yang memindahkan lokasi Oli KPB dari lokasi RFS ke lokasi NRFS (Gudang Oli KPB). Untuk memindahkan (lokasi) unit dari Lokasi Not Ready For Sale (Gudang Oli KPB) ke Lokasi Ready For Sale (lokasi NRFS), dapat dilakukan melalui Sub-Menu Internal Transfer yang dapat diakses melalui Workshop > Mutasi Stock > Internal Transfer . Gambar dibawah ini menunjukan tampilan Internal Transfer dan tahapan pembuatannya. 01 01 02 03 04 05 06 08 09 10 11 12 13 14 15

7. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 7 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 7 of 18 Document Version 2 .0 Printed Ref. Field Penjelasan Fungsi Field 01 Branch Pilih cabang dimana diskon bundle berlaku 02 Bundle Pilih product bundle yang akan ditentukan diskon nya 03 Product Pilih detail product (yang ada didalam bundle) yang akan ditentukan diskonnya 04 Current Price Informasi Harga jual detail product sebelum diskon 05 Diskon Input jumlah diskon (dalam Rupiah) per product yang ada didalam bundle 06 Net Price Informasi Harga jual detail product setelah diskon 3.3. Oli KPB Diganti Barang dan Tax atas Kompensasi Oli Pada sub menu Branches yang dapat diakses melalui Advance Setting>Branches and Area>Branches terdapat setting untuk mekanisme pembayaran Oli KPB diganti barang, yaitu dengan cara checklist box ‘Oli KPB Diganti Barang’. Pada sub menu Branches juga terdapat setting untuk pilihan tipe PPN atas Kompensasi Oli, melalui kolom Taxes (Kompensasi Oli). 01 02 03 05 04 06

12. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 12 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 12 of 18 Document Version 2 .0 Printed Ref. Field Penjelasan Fungsi Field 01 Tombol Perintah  Save : Tombol untuk menyimpan data Klaim KPB ke MD  Validate : Tombol untuk konfirmasi data Klaim KPB ke MD. Setelah tombol validate ditekan, akan terbentuk invoice (penagihan) KPB ke Main Dealer. 02 Branch Pilih cabang yang akan melakukan klaim KPB 03 Division Pilih divisi cabang yang akan melakukan klaim KPB 04 Supplier Informasi by system nama supplier dimana klaim KPB dituju. Nama supplier diambil dari nama prinsipal yang di-set di Branch Configuration 05 Oli Ganti Uang Checklist untuk menandakan bahwa Klaim Oli diganti dengan uang. Beberapa cabang area tertentu (contoh. Jawa Barat) tidak memasukkan klaim oli KPB dikarenakan penggantian oli KPB oleh MD dilakukan tanpa dokumen penjualan. 01 02 04 05 06 03 07 08 10 11 12 13 14 15 16 17 18

5. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 5 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 5 of 18 Document Version 2 .0 Printed Ref. Field Penjelasan Fungsi Field 01 Engine Code Input 4 karakter awal nomor mesin yang akan ditentukan parameter expired-nya. Jika dikosongkan, maka parameter berlaku untuk semua nomor mesin (semua tipe). 02 Nilai Jasa dan Oli Tab untuk mengisi Km dan Hari maksimal, serta mengisi nilai klaim jasa, oli dan kompensasi oli KPB 03 KPB Ke - Input Type KPB (KPB Ke - ) 04 Hari Maksimal Input jumlah hari (dalam satuan Hari) maksimal yang masih diperbolehkan untuk klaim KPB. Jumlah hari maksimal dihitung dari tanggal service KPB dengan tanggal pembelian unit. 05 Km Maksimal Input jumlah jarak (dalam kilometer / Km) maksimal yang masih diperbolehkan untuk klaim KPB 06 Jasa Input nilai klaim Jasa KPB 07 Oli Input nilai klaim Oli KPB 08 Kompensasi Oli Input nilai klaim Kompensasi Oli KPB Note: Jika terdapat perbedaan antara Nilai Jasa pada konfigurasi “Harga Jasa” dengan Nilai Jasa pada konfigurasi “KPB Engine Type”, maka sebelum klaim KPB ke MD dijalankan disistem, AR/Piutang ke Main Dealer akan muncul sejumlah Nilai Jasa pada konfigurasi “Harga Jasa”. Nilai PPN atas transaksi WO KPB juga tersetting sejumlah Nilai Jasa pada konfigurasi Harga Jasa (Karena nilai jasa di WO berdasarkan konfigurasi Harga Jasa). Setelah Klaim KPB ke MD dijalankan di sistem, selisih Nilai Jasa tersebut akan masuk ke Account “Pendapatan” (koreksi pendapatan), dan nominal AR/Piutang KPB ke Main Dealer menjadi sama dengan Nilai Jasa pada “KPB Engine Type” 3.2. Master Package (Product) Untuk Pendaftaran paket (kumpulan) produk (Jasa + Oli) yang terdapat pada KPB, khususnya pada KPB 1. Produk yang dapat digabungkan ke Service KPB adalah produk sesuai petunjuk Main Dealer (MD), yang nilainya dapat diklaim ke Main Dealer (MD). 01 01 02 03 04 05 06

15. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 15 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 15 of 18 Document Version 2 .0 Printed 27 Total Kompensasi Oli Informasi nilai klaim total untuk Kompensasi Oli 28 Taxes (Kompensasi Oli) Informasi Type PPN yang dipilih untuk Kompensasi Oli 29 Tax Base (Kompensasi Oli) Informasi nilai DPP total untuk Kompensasi Oli 30 Tax Amount (Kompensasi Oli) Informasi nilai PPN total untuk Kompensasi Oli 31 Total Jasa Informasi nilai klaim KPB total untuk Jasa 32 Total Oli Informasi nilai klaim KPB total untuk Oli 31 Total Collecting KPB Informasi nilai klaim KPB total Dan berikut adalah contoh Invoice (penagihan) ke Main Dealer yang terbentuk dari hasil Klaim KPB ke MD: 6. Penggantian KPB Oleh MD Penggantian Oli oleh MD bisa dilakukan dalam dua bentuk: Uang atau Barang, sedangkan penggantian Jasa KPB hampir pasti dilakukan dalam bentuk Uang. Penerimaan penggantian yang berbeda dari MD menuntut perlakuan yang berbeda pula dari Perusahaan. 6.1. Penggantian Uang: Customer Payment Dalam hal MD mengganti AR KPB perusahaan dengan Uang, maka pencatatan penerimaan tersebut dilakukan lewat settlement AR seperti biasa via Customer Payment. 6.2. Penggantian Barang Jika MD mengganti AR Klaim KPB (Oli) berupa penggantian Barang (Oli), maka perusahaan mencatat penerimaan barang berdasarkan dokumen pengantar dari MD:

14. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 14 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 14 of 18 Document Version 2 .0 Printed Ref. Field Penjelasan Fungsi Field 19 Collecting Line Tab berisikan ringkasan klaim KPB berdasarkan "Kategori Product (Unit)" dan "Type KPB (KPB Ke - )" 20 Category Informasi hasil rekapitulasi berdasarkan kategori product untuk klaim KPB. Kategori (product) KPB ini ditentukan oleh User di menu Workshop>Configuration>KPB Engine Type 21 KPB Ke Informasi hasil rekapitulasi berdasarkan Type KPB (KPB Ke - ) 22 Qty Informasi hasil rekapitulasi untuk kuantitas unit per Categori - Product dan Type - KPB 23 Jasa Informasi nilai klaim KPB per unit untuk Jasa di kategori product dan type KPB tersebut 24 Oli* Informasi nilai klaim KPB per unit untuk Oli di kategori product dan type KPB tersebut 25 Kompensasi Oli Informasi nilai klaim KPB per unit untuk Kompensasi Oli di kategori product dan type KPB terse but 26 Total Jasa Informasi nilai klaim KPB total untuk Jasa di kategori product dan type KPB tersebut 19 20 21 22 23 25 26 27 28 29 30 31 33

13. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 13 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 13 of 18 Document Version 2 .0 Printed Untuk penggantian tanpa dokumen penjualan, nilai oli tidak dimasukkan ke WO-KPB sehingga pada saat klaim nilai oli KPB juga tidak dimasukkan. Setting nilai WO-KPB dan klaim oli KPB ditentukan User di setting Branches>Workshop>"Oli KPB Diganti Barang" 06 Kompensasi Oli Checklist untuk menandakan bahwa klaim KPB termasuk klaim atas nilai Kompensasi Oli. Beberapa cabang tertentu, MD memberikan penggantian tambahan berupa uang atas selisih nilai oli KPB dengan harga oli Reguler. Nilai kompensasi oli ini di-klaim bersamaan dengan klaim KPB dan dikenakan PPN dan pembayarannya dipotong PPh, karena belum dimasukkan kedalam nilai WO - KPB. 07 Date Informasi tanggal transaksi klaim KPB 08 No Klaim MD Input nomor klaim KPB ke MD. Nomor klaim bisa mengacu ke nomor surat klaim yang akan dikirimkan ke MD. 09 Work Order Tab berisikan detail WO type KPB yang termasuk dalam klaim KPB 10 Work Order Informasi nomor Work Order (WO) dengan tipe KPB 11 WO Date Informasi tanggal WO 12 Engine No Informasi nomor plat dan nomor mesin unit SMH di WO 13 Type Motor Informasi type unit (motor) di WO 14 Type WO Informasi type WO 15 KPB ke Informasi service KPB ke berapa, berdasarkan WO 16 Odometer (Km) Informasi jumlah jarak yang telah ditempuh (odometer ) oleh SMH 17 KPB Collected Informasi status apakah KPB telah di-klaim atau belum 18 Total Informasi jumlah total WO

8. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 8 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 8 of 18 Document Version 2 .0 Printed 4. Validasi KPB Frontdesk secara berkala melakukan monitoring dan validasi atas Piutang KPB (yang terbentuk dari WO / Invoice KPB ke Pelanggan) yang harus diklaim ke MD. Frontdesk ketika pembuatan WO KPB harus memastikan Fisik Sobekan Kartu KPB telah diterima dan didokumentasikan dengan baik untuk diteruskan ke MD pada saat Klaim. Beberapa validasi awal harus dilakukan oleh frontdesk terkait kartu KPB yang diterima dari Pelanggan untuk menghindari tolakan dari pihak MD. Frontdesk melakukan validasi antara kesamaan data di Fisik KPB dengan kelengkapan data yang tercantum di System: - Data Pelanggan dan Kendaraan - Tanggal Pembelian Kendaraan - Kode dan Nomor Buku - Nama Dealer Penjual - Data Jumlah Jarak (Km) - Jenis Oli KPB Validasi lainnya mencakup kelengkapan administratif yang dipersyaratkan di Fisik KPB: - Stempel AHASS - Stempel Dealer Depan dan Belakang - Tanda Tangan Dealer - Km Check - Tanggal Beli - Tanggal Service - Nomor Chassis - Nomor Engine - Nomor Buku Di system, Validasi KPB dilakukan melalui Workshop>Klaim KPB>Validasi KPB . Seluruh WO KPB yang belum diklaim ke Main Dealer akan muncul secara otomatis di List View Sub Menu Validasi KPB. Ref. Field Penjelasan Fungsi Field 01 Work Order Informasi nomor Work Order (WO) dengan tipe KPB 02 Branch Informasi kode dan nama cabang sesuai WO 03 WO Date Informasi tanggal WO 04 Type WO Informasi type WO 05 KPB Ke Informasi service KPB ke berapa, berdasarkan WO 01 02 03 04 05 06 07 08 09 10

3. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 3 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 3 of 18 Document Version 2 .0 Printed 1. Document Version and Authorization 1.1. Document Version Version Date Author Description 1.0 18 Agustus 2016 Renny 1.2. Document Authorization Approved by, Approved by, Date : Date :

17. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 17 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 17 of 18 Document Version 2 .0 Printed Ref. Field Penjelasan Fungsi Field 01 Tombol Tombol yang terdapat pada Internal Transfer terdiri dari:  Create : Tombol yang digunakan untuk membentuk record Internal Transfer baru  Edit : Tombol untuk mengubah record Internal Transfer yang masih dalam posisi draft (belum confirm)  Renew Available : Tombol untuk memperbaharui ketersediaan barang  Confirm : tombol untuk mengkonfirmasi Internal Transfer  Transfer : Tombol perintah untuk menjalankan perpindahan barang (setelah confirm) 02 Branch Pilih cabang pemilik barang yang akan di pindahkan lokasinya 03 Division Pilih divisi barang (tergantung dari kategori barang tersebut) 04 Date Tanggal Internal Transfer dijalankan 05 Picking Type Pilih Picking type Internal Transfer 06 Source Location Pili h asal lokasi barang (Gudang Oli KPB) 07 Destination Location Pilih tujuan lokasi barang (Lokasi RFS) 08 Product Detail Produk yang akan di pindahkan lokasinya 09 Collecting No Nomor Collecting KPB (Klaim KPB ke MD) 10 Type Pilih tipe barang yang akan dipindahkan lokasinya 11 Variant Pilih variasi barang yang akan dipindahkan lokasinya 12 Description Deskripsi dari variasi barang yang dipilih 13 Engine Number Pilih nomor engine yang akan dipindahkan lokasinya (kolom diisi hanya untuk perpindahan product unit) 14 Status Informasi status barang yang dipilih 15 Stock Available Informasi jumlah stock tersedia dari barang yang dipilih 7. Penghapusan Piutang Bengkel atas KPB Not OK dan Tolakan KPB MD Jika AR KPB yang divalidasi oleh Frontdesk terdapat ketidak-lengkapan data maupun persyaratan administratif, maka status AR KPB tersebut harus di-input sebagai "Not-OK". Dan jika ketidak-lengkapan persyaratan dan data tersebut diputuskan tidak bisa dipulihkan kembali, maka Frontdesk (dengan persetujuan Kepala Bengkel dan ADH) harus mengajukan penghapusan piutang KPB ke Bagian Accounting (atau Bagian / Pejabat yang ditunjuk). Penghapusan AR Bengkel KPB yang tidak lolos validasi ataupun ditolak oleh MD dan diputuskan tidak bisa dipulihkan, dihapus melalui Modul Customer Payment dengan opsi "Reconciliation" atas selisih / total AR yang akan dihapus. Penghapusan / Rekonsiliasi AR ini

10. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 10 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 10 of 18 Document Version 2 .0 Printed Ref. Field Penjelasan Fungsi Field 01 Branch Informasi kode dan nama cabang sesuai WO 02 Type Informasi KPB ke berapa 03 Plat / Nomor Mesin Informasi nomor plat dan nomor mesin unit SMH di WO. User bisa melakukan edit atas data nomor mesin jika terdapat kesalahan penginputan pada saat WO 04 Chassis Number Informasi nomor rangka unit SMH di WO. Nomor rangka akan mengikuti nomor mesin yang ada di WO 05 Customer Informasi nama customer pemilik motor yang tercantum di WO 06 WO Date Informasi tangg al WO 07 Tanggal Pembelian Informasi tanggal pembelian, User bisa melakukan edit berdasarkan informasi di bukti fisik sobekan KPB  Hari : Informasi dari system untuk jumlah hari dari tanggal pembelian ke tanggal service KPB (WO). Jumlah hari merupakan salah satu poin validasi atas keabsahan klaim KPB 08 Tipe Buku Service Input tipe buku service 09 Kode Buku Service Input kode buku (service) berdasarkan sobekan fisik KPB milik customer. Saat ini sobekan fisik KPB sudah tidak ada informasi kode buku, namun masih di-required MD sebagai persyaratan klaim KPB 10 Nomor Buku Service Input nomor buku (service) berdasarkan sobekan fisik KPB milik customer. Saat ini sobekan fisik KPB sudah tidak ada informasi kode buku, namun masih di-required MD sebagai persyaratan klaim KPB 11 Dealer Penjual Input nama Dealer penjual unit ke customer 12 Odometer (Km) Input jumlah jarak (Km) yang telah ditempur oleh unit SMH. Data berdasarkan odo meter di unit SMH 13 Jenis Oli Pilih jenis oli yang diberikan ke customer (khusus KPB - 1) 14 Division Informasi kode dan nama divisi cabang sesuai WO 15 Stampel AHASS Keberadaan stempel AHASS di sobekan KPB 16 Stampel Dealer Depan Keberadaan stempel Dealer (Penjual) di bagian depan sobekan KPB 17 Stampel Dealer Belakang Keberadaan stempel Dealer (Penjual) di bagian belakang sobekan KPB 18 Tandatangan Keberadaan tandatangan customer di sobekan KPB 19 KM Cek Input jumlah jarak (Km) yang telah ditempur oleh unit SMH. Data berdasarkan odo meter di unit SMH 20 Cek Tangggal Beli Validasi kesesuaian tanggal beli / jumlah hari pemakaian dengan ketentuan klaim KPB 21 Cek Tanggal Service Validasi kesesuaian tanggal service / jumlah hari pemakaian dengan ketentuan klaim KPB

9. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 9 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 9 of 18 Document Version 2 .0 Printed 06 Jarak (Km) Informasi jumlah jarak yang telah ditempuh (odometer ) oleh SMH 07 Plat / Nomor Mesin Informasi nomor plat dan nomor mesin unit SMH di WO 08 Customer Informasi nama customer pemilik motor yang tercantum di WO 09 KPB Collected Informasi hasil validasi KPB  Belum : KPB belum divalidasi  OK : KPB sudah divalidasi dan dinyatakan layak untuk diteruskan ke proses Klaim ke MD  Not OK : KPB sudah divalidasi dan dinyatakan tidak layak untuk diteruskan ke proses Klaim ke MD 10 Indext “ ” Tombol untuk melihat detail dan melakukan edit / validasi Setelah tombol indext ditekan akam muncul tampilan layar Validasi KPB sebagai berikut: 01 02 03 04 05 06 07 08 09 10 11 12 13 25 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 26 27

11. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 11 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 11 of 18 Document Version 2 .0 Printed 22 Cek No Chassis Keberadaan informasi nomor rangka unit 23 Cek No Engine Keberadaan informasi nomor mesin unit 24 Cek No Buku Keberadaan informasi nomor buku service 25 Status KPB Pilih status akhir validasi KPB:  OK : Status KPB telah OK, sehingga WO KPB akan muncul di Collecting KPB --> Bisa diklaim  Not OK : Status KPB belum OK, sehingga WO KPB tidak akan muncul di Collecting KPB -- > Belum bisa diklaim 26 Ok Tombol untuk menyimpan hasil Validasi KPB 27 Discard Tombol untuk membatalkan perubahan dan keluar dari screen tanpa save Hasil validasi Frontdesk akan menghasilkan dua Status: OK dan Tidak OK, yang masing- masing akan ditindaklanjuti secara berbeda. 5. Klaim KPB ke MD KPB yang lolos validasi oleh Frontdesk (OK) diproses lanjut di Sub Menu "Klaim KPB ke MD". Sub menu ini merangkum / merekapitulasi semua AR KPB ke Pelanggan menjadi satu AR Rekap KPB ke pihak yang akan melakukan penggantian (Main Dealer). Sub Menu Klaim KPB ke MD dapat diakses melalui Workshop>Klaim KPB>Klaim KPB ke MD . Ref. Field Penjelasan Fungsi Field 01 Collecting KPB Informasi nomor referensi transaksi collecting KPB 02 Branch Informasi kode dan nama cabang pemilik collecting KPB 03 Date Informasi tanggal transaksi collecting KPB 04 Total Collecting KPB Informasi jumlah total collecting KPB 05 Supplier Informasi nama supplier (prinsipal) dimana klaim KPB ditujukan 06 Create Tombol untuk membentuk record Klaim KPB ke MD 01 02 03 04 05 06

2. USER MANUAL Project ONE - D Author Renny Page 2 14/12/2017 Document Status File Name 003 - Sparepart - One D - KPB Page 2 of 18 Document Version 2 .0 Printed Daftar Isi DAFTAR ISI .................................................................................................................................................. 2 1. DOCUMENT VERSION AND AUTHORIZATION ................................................................................ 3 1.1. D OCUMENT V ERSION ....................................................................................................................... 3 1.2. D OCUMENT A UTHORIZATION ............................................................................................................. 3 2. TRANSAKSI DAN TUJUAN MODUL .................................................................................................. 4 2.1. G AMBARAN U MUM P ROSES P ENAGIHAN DAN P ENYELESAIAN K LAIM KPB ........................................... 4 3. MASTER DATA UNTUK PENAGIHAN DAN PENYELESAIAN KLAIM KPB .................................... 4 3.1. KPB E NGINE T YPE ........................................................................................................................... 4 3.2. M ASTER P ACKAGE (P RODUCT ) ......................................................................................................... 5 3.3. O LI KPB D IGANTI B ARANG DAN T AX ATAS K OMPENSASI O LI .............................................................. 7 4. VALIDASI KPB .................................................................................................................................... 8 5. KLAIM KPB KE MD ........................................................................................................................... 11 6. PENGGANTIAN KPB OLEH MD ....................................................................................................... 15 6.1. P ENGGANTIAN U ANG : C USTOMER P AYMENT ................................................................................... 15 6.2. P ENGGANTIAN B ARANG .................................................................................................................. 15 6.2.1. Penggantian Barang dengan Invoice: Pembelian dan Net-Off AP ke AR KPB ........................................ 16 6.2.2. Penggantian Barang: Internal Transfer .................................................................................................... 16 7. PENGHAPUSAN PIUTANG BENGKEL ATAS KPB NOT OK DAN TOLAKAN KPB MD .............. 17 8. PERMOHONAN DAN KOREKSI MINUS PERSEDIAAN ATAS KPB NOT OK DAN TOLAKAN KPB MD ...................................................................................................................................................... 18

Views

  • 1795 Total Views
  • 1252 Website Views
  • 543 Embeded Views

Actions

  • 0 Social Shares
  • 0 Likes
  • 0 Dislikes
  • 0 Comments

Share count

  • 0 Facebook
  • 0 Twitter
  • 0 LinkedIn
  • 0 Google+

Embeds 1

  • 2 www.google.com